Hubungan Antara Penderita Diabetes Mellitus dan Penyakit Periodontal

 


Apakah diabetes mellitus itu?
Diabetes adalah kondisi medis dimana tubuh tidak mampu memakai gula darah sebagai energi, dikarenakan pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin yang merupakan hormon untuk menyeimbangkan jumlah glukosa dalam darah. Kekurangan insulin akan menyebabkan tingginya kadar glukosa darah yang kemudian merusak pembuluh darah dan saraf, sehingga diabetes dapat mempengaruhi bagian tubuh mana saja termasuk gusi kita.

Apakah periodontal gigi itu?
Penyakit periodontal melemahkan tulang dan jaringan yang mengelilingi dan mendukung gigi dan jika dibiarkan tidak diobati maka akan menyebabkan gigi goyang dan akhirnya bisa kehilangan gigi. Orang dengan diabetes akan lebih beresiko menderita penyakit periodontal karena mereka kurang bisa melawan infeksi secara umum.

Bagaimana hubungan antara diabetes mellitus dan periodontal gigi?
Diabetes menyebabkan pembuluh darah menebal, menyebabkan terganggunya aliran nutrisi dan darah. Hal ini melemahkan tulang yang mengelilingi gigi, begitu pula gusi, dan menjadikannya rentan terinfeksi. Diabetes juga menaikkan kadar glukosa dalam air liur, dan dikarenakan bakteri berbahaya dalam mulut diberi makan oleh glukosa maka orang dengan diabetes akan lebih mungkin menghasilkan plak, tartar dan radang gusi dan penyakit periodontal pada akhirnya.

Bagaimana ciri ciri terkena periodontal gigi?

1. Gusi berdarah
2. Gusi bengkak
3. Gigi tiba tiba goyang sendiri

4. Nanah antara gigi dan gusi

5. Bau mulut yang terus menerus


Langkah apa yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit periodontal gigi?
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut meliputi:
- Menjaga kadar gula darah tetap stabil.
- Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan antara gigi setidaknya sekali sehari.
- Menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula berlebihan.
- Rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi.

Share:

0 komentar